بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - KALAU ADA KRITIKAN YANG MEMBANGUN SILAKAN DIKIRIMKAN KE KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

RUKUN ISLAM

RUKUN ISLAM : 1. DUAKALIMAH SYAHADAT, 2. SHOLAT, 3. PUASA, 4. ZAKAT, 5. NAIK HAJI

RUKUN IMAN : 1. PERCAYA KEPADA ALLAH, 2. PERCAYA KEPADA MALAIKAT, 3. PERCAYA KEPADA KITAB ALLAH, 4. PERCAYA KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH, 5. PERCAYA KEPADA HARI AKHIRAT, 6. PERCAYA KEPADA QODHA & QHADAR ALLAH

PILIH MENU

Sabtu, 29 November 2014

Cara mengetahui karakter atau kepribadian seseorang



Cara mengetahui karakter atau kepribadian seseorang, untuk memahami diri sendiri

Mengetahui kepribadian / karakter / personalitas adalah hal yang cukup penting. Baik kepribadian diri sendiri maupun kepribadian / karakter orang lain. Maka, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang disebut dengan personality plus yaitu cara cepat mengetahui karakter atau kepribadian seseorang.
Intinya, karakter atau kepribadian seseorang itu ada 4 macam:
  1. Koleris (kuat)
  2. Sanguinis (populer)
  3. Melankolis (sempurna)
  4. Plagmatis (cinta damai)
1 Koleris
Orang yang memiliki karakter Koleris, biasanya cenderung kuat, tegas, senang memimpin, menyukai tantangan, tak mau hanya jadi penonton, lebih tangkas dan cepat dalam mengambil keputusan.
Dengan berbagai kelebihan Koleris tersebut, ia cocok untuk menjadi seorang leader yang mengambil keputusan. Orang koleris biasanya berorientasi pada hal-hal yang produktif dan ia juga memiliki visi.
Sementara itu, kekurangan orang Koleris adalah cenderung mudah marah, kurang sabar menahan emosi, senang terhadap kontroversi, kurang simpatik, senang memerintah orang lain, hingga punya banyak tuntutan terhadap orang lain.

2 Sanguinis
Seorang dengan kepribadian Sanguinis memiliki ciri-ciri emosi yang mudah bergejolak, berkeinginan untuk disenangi orang lain, dan memiliki kehidupan yang penuh warna – warni.
Kelebihan orang Sanguinis adalah: antusias, ceria, ekspresif, senang berbicara, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah memaafkan kesalahan, memiliki inisiatif, senang berkumpul dan mudah berteman.
Sedangkan kekurangan karakter Sanguinis adalah cenderung sulit untuk diam, membesarkan masalah, daya konsentrasinya pendek, egoistis, ragu-ragu, hingga berubah – ubah dalam mengambil keputusan.

3 Melankolis
Seorang dengan karakter melankolis memiliki ciri-ciri: hidupnya terjadwal dan teratur hingga membentuk suatu pola, cenderung ingin segalanya sempurna dan teratur, menyukai data dan fakta, dan memikirkannya secara serius dan mendalam.
Seorang Melankolis memiliki kelebihan, antara lain: hidupnya teratur, serius, kreatif, bersedia mengorbankan diri, memiliki standar yang tinggi (perfeksionis / idealis), tekun, setia, perhatian terhadap orang lain, dan bersedia mendengarkan keluhan.
Kelemahan seorang Melankolis adalah cenderung mudah murung dan tertekan, mudah merasa bersalah dan tertekan, hingga pendendam.

4 Plegmatis
Orang ada yang menyebut Plagmatis atau Plegmatis. Karakter Plegmatis ini memiliki ciri-ciri: cenderung menghindari konflik hingga rela untuk berkorban demi terselesaikannya sebuah masalah, sabar, kalem, tak mau mengecewakan dan menyakiti orang lain, dan ia adalah pendengar yang baik.
Kelebihan karakter Plegmatis ini adalah: sabar, tenang, mudah bergaul, baik hati, bijaksana, simpatik, menyenangkan, peduli terhadap sekitar, humoris, dan mudah menjalin kerukunan / kedamaian.
Kekurangan orang yang berkarakter Plegmatis adalah: senang menghindari tanggung jawab, pendiam, keras kepala, cenderung pemalu, hingga sulit untuk bergerak maju.