بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - KALAU ADA KRITIKAN YANG MEMBANGUN SILAKAN DIKIRIMKAN KE KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

PILIH MENU

Kamis, 27 November 2014

CARA MUDAH BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN


 CARA MUDAH BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN

Belajar Al Qur’an dapat dibagi kepada beberapa tingkatan yaitu belajar membaca sampai baik dan lancar dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam qiraat dan tajwid, belajar arti dan maksud yang terkandung di dalamnya dan tingkatan yang terakhir adalah menghafalnya.
Sesungguhnya belajar membaca Al Qur’an itu sesutau yang mudah, tidak ada kata sulit dalam mempelajari Al Qur’an. Niat dan tekad belajar sungguh-sungguh serta meluangkan waktunya adalah kunci utama untuk sukses membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Sebagaimana dalam Firman Allah SWT yang berbunyi :
surat alqomar
Sebelum belajar membaca Al Qur’an ada baiknya untuk mengenal hurf-huruf hijaiyyah, dengan memperhatikan beberapa pentunjuk berikut ini :
1. Kenalkan huruf-huruf hijaiyyah dnegan melihat ejaan latin, lalu praktikkan tanpa melihat ejaan latin.
2. Pengenalan huruf dilakukan secara bertahap sesuai urutan pembagian huruf.
3. Janganlah berpindah ke pembagian huruf selanjutnya sebelum menguasai huruf-huruf sebelumnya.
4. Lakukan praktik pengucapan huruf secara berulang kali dan tes-lah pengucapan huruf secara spontanitas.

Al Qur’anul Karim adalah hujjah (sumber yang dapat dipercaya kebenarannya) Nabi Muhammad merupakan nabi yang terakhir dan lisan agama yang tulus, undang-undang syariat Islam, kamua bahasa Arab. Al Qur’an merupakan teladan (contoh) dan pemimpin (imam) bagi kita di dalam hidup ini dengan Al Qur’an kita diberi petunjuk, kembali kepada Al Qur’an dalam menegakkan hukum. Kita beramal dengan Al Qur’an dalam melaksanakan perintah Allah SWT serta menjauhi segala larangan Nya.
Al Qur’anul Karim adalah pengikat antara langit dan bumi, perjanjian antara Allah dan hambaNya. Al Qur’anul Karim adalah jalan menuju kepada Allah SWT yang kekal (abadi), Al Qur’an merupakan kitab samawi yang paling mulia dan paling agung wahyu yang diturunkan dari langit.

ALASAN MENGAPA ANDA HARUS BELAJAR AL-QURAN:
  1. Rasulullah saw bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya" (HR Imam Bukhari , Abu Daud, Tirmidzi , Ibnu Majah)
  2. Rasulullah saw bersabda, " Orang yang ahli Al Quran akan bersama para malaikat-malaikat pencatat yang mulia dan lurus sedangkan orang yang terbata-bata dalam membaca Al Quran tetapi ia tetap bersusah payah mempelajarinya akan mendapat pahala dua kali lipat" (HR Imam Bukhari, Daud, Nasa'i, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah)
  3. Rasulullah saw bersabda, "Wahai Abu Dzar, jika kamu pergi pada suatu pagi dan mempelajari satu ayat dari kitab Allah yaitu Al Quran, maka lebih baik daripada mengerjakan sholat nafil seratus rakaat dan jika kamu mempelajari satu bab dari ilmu apakah dapat diamalkan ataupun tidak maka lebih baik bagimu daripada mengerjakan seribu rakaat shalat nafil." (HR Ibnu Majah)
  4. Rasulullah saw bersabda, " Belajarlah Al Quran dan bacalah ia karena orang yang belajar Al Quran dan menyebutkannya dalam shalat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka dan penuh kasturi, baunya semerbak merebak ke seluruh tempat dan seseorang yang telah belajar Al Quran tetapi ia tidur dan Al Quran didalam hatinya adalah seumpama sebuah wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup." (HR. Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)
  5. Rasulullah saw bersabda, " Barang siapa membaca Al Quran dan mengamalkan isi kandungannya maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripda sinar matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kalian di dunia. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri." (HR Ahmad dan Abu Daud)
  6. Rasulullah saw bersabda, "Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab ini ( Al Quran ) dan merendahkan beberapa kaum lainnya dengan kitab ini juga." (HR. Imam Muslim)
  7. Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalnya,menganggap halal apa yang di halalkan di dalam Al Quran,dan menganggap haram apa yang di haramkannya,maka Allah Swt.akan memasukkannya kedalam Surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafa’at kepada sepuluh orang ahli keluarganya yang akan dicampakkan ke dalam api neraka." (HR.Imam Ahmad dan Tirmidzi)
  8. Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginay stu hasanah ( kebaikan ) dan satu hasanah adalah sama dengan sepuluh kali lipat pahalanya.Dan saya tidak mengatakan ا لم ( alif lam mim ) itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi)
  9. Rasulullah bertanya kepada kami : Sukakah salah seorang diantara kamu jika kembali ke rumahnya mendapati tiga ekor unta betina yang hamil dan gemuk? Kami menjawab tentu kami menyukainya kemudian Rasulullah bersabda : Tiga potong ayat yang kamu baca dalam shalat adalah lebih utama daripada tiga ekor unta betina yang hamil dan gemuk. ( HR Muslim)
  10. Rasulullah saw bersabda, "Seseorang yang tidak ada sedikit pun Al Quran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong."(HR.Tirmjdzi)
  11. Dari Abdullah Ibnu Umar r.a meriwayatkan, "Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air, Beliau ditanya, "Wahai Rasulullah,bagaimana cara membersihkannya Rasulullah saw bersabda, "Memperbanyak mengingat maut dan membaca Al Quran" (HR Imam Baihaqi)
KEISTIMEWAAN BELAJAR AL-QURAN METODE SMART:
  1. Belajar Mandiri dengan Komputer atau Laptop.
  2. Aplikasi sederhana dan mudah dipelajari.
  3. Video Tutorial yang mudah dimengerti.
  4. Metodenya yang SMART yang bisa membangkitkan semangat untuk belajar.
VIDEO TUTORIAL BELAJAR AL-QURAN METODE SMART:







Jika ada pertanyaan silakan hubungi nomor HP 085385437073 atau langsung silaturahmi ke tempat kami dan dapatkan CD Ayo Belajar Ngaji Jilid 2 GRATIS


Sumber 
http://belajarbacaquran.webs.com/
http://belajarmembacaalquran.com/